1. Penggunaan
bahasa Indonesia dengan baik dan benar
Bahasa Indonesia yang baik
adalah bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan norma kemasyarakatan yang
berlaku. Misalnya, dalam situasi santai dan akrab, seperti di warung kopi, di
pasar, di tempat arisan, dan di lapangan sepak bola hendaklah digunakan bahasa
Indonesia yang santai dan akrab yang tidak terlalu terikat oleh patokan. Dalam
situasi resmi dan formal, seperti dalam kuliah, dalam seminar, dalam sidang
DPR, dan dalam pidato kenegaraan hendaklah digunakan bahasa Indonesia yang
resmi dan formal, yang selalu memperhatikan norma bahasa.
Bahasa Indonesia yang benar
adalah bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan aturan atau kaidah bahasa
Indonesia yang berlaku. Kaidah bahasa Indonesia itu meliputi kaidah ejaan,
kaidah pembentukan kata, kaidah penyusunan kalimat, kaidah penyusunan paragraf,
dan kaidah penataan penalaran. Jika kaidah ejaan digunakan dengan cermat,
kaidah pembentukan kata ditaati dengan konsisten, pemakaian bahasa Indonesia dikatakan
benar. Sebaliknya, jika kaidah-kaidah bahasa itu kurang ditaati, pemakaian
bahasa tersebut dianggap tidak benar/tidak baku.
Oleh karena itu, kaidah yang
mengatur pemakaian bahasa itu meliputi kaidah pembentukan kata, pemilihan kata,
penyusunan kalimat, pembentukan paragraf, penataan penalran, serta penerapan
ejaan yang disempurnakan.
Contoh percakapan seorang mahasiswa dengan dosen
Mahasiswa : Permisi bu, apakah ibu ada waktu
untuk bimbingan ?
Dosen
: maaf, untuk
minggu ini saya sedang sibuk.
Mahasiswa : jadi, kapan ibu ada waktu
untuk bimbingan ?
Dosen
: mungkin minggu depan saya usahakan
Mahasiswa : baik bu. Maaf sudah
mengganggu waktunya.
FUNGSI BAHASA
SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI
Sejak kecil, kita sudah mempelajari bahasa secara
sendiri, tanpa ada yan mengajari. Kita bisa belajar sedikit demi sedikit.
Bahasa yang dituliskan ataupun yang dilafalkan pasti memiliki makna. Melalui
bahasa kita dapat menuangkan ide atau gagasan yang kita pikirkan.Bahasa merupakan
dasar segala kegiatan yang kita lakukan.
Bahasa dibentuk oleh kaidah aturan serta pola yang tidak
boleh dilanggar agar tidak menyebabkan gangguan pada komunikasi yang terjadi.
Kaidah, aturan dan pola-pola yang dibentuk mencakup tata bunyi, tata bentuk dan
tata kalimat. Agar komunikasi yang dilakukan berjalan lancar dengan baik,
penerima dan pengirim bahasa harus harus menguasai bahasanya.
2. Peranan Bahasa Dalam Pendidikan
Pendidikan bahasa Indonesia mempunyai peranan yang penting di dalam dunia pendidikan.
Seperti yang kita ketahui bahwa sehari-hari kita menggunakan bahasa Indonesia
sebagai alat komunikasi. Oleh karena itu, kita harus mempelajari ilmu pendidikan tentang
bahasa. Agar kita dapat belajar dan mengetahui bagaimana cara kita menggunakan
bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Terutama bagi calon pendidik,
pendidikan bahasa dan sastra Indonesia memang sangat penting. Karena ketika
seorang pendidik memberikan pengajaran kepada anak-anak didiknya, ia harus bisa
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Apabila seorang pendidik
menggunakan bahasa yang kurang baik, maka akan dicontoh anak-anak didiknya.
Pemakaian Bahasa Dalam
Pendidikan
Dalam pemakaian ataupun penggunaannya fungsi bahasa Indonesia yang paling
utama adalah sebagai alat komunikasi. Dalam hal ini berbagai penjelasan
mengenai pemakaian fungsi bahasa dalam pendidikan telah dapat dikemukakan oleh
para ahli bahasa. Beberapa pakar memberikan penjelasan mengenai pemakaian
fungsi bahasa dapat dilihat dari cara pandang masing-masing.
No comments:
Post a Comment